breaking news New

Cara Memilih Oli Mesin Mobil yang Tahan Panas dan Awet

Gambar tersebut menjelaskan bagaimana seorang pemilik mobil memilih oli mesin yang tahan panas Gambar tersebut menjelaskan bagaimana seorang pemilik mobil memilih oli mesin yang tahan panas

Cara Memilih Oli Mesin Mobil yang Tahan Panas dan Awet

Apabila saat ini anda mencari informasi tentang oli mesin mobil yang tahan panas, maka silahkan simak pembahasan ini sampai selesai. Kita ketahui bersama kalau oli mesin yang berfungsi sebagai salah satu pelumas agar mesin tidak saling berbenturan. Sehingga agar mesin mobil anda tetap bekerja dengan baik dan maksimal maka jangan sampai salah pilih oli mesin. Kalau sampai salah pilih membuat tenaga yang dihasilkan akan terus mengalami penurunan.

Tentunya pihak montir di bengkel terpercaya akan selalu merekomendasikan oli mesin yang memang cocok dengan mobil anda. Namun jangan selalu mengandalkan rekomendasi dari pihak montir.

Jadi, anda pun harus paham mengenai jenis oli yang tepat untuk mobil anda. Sehingga anda pun tidak sampai salah pilih oli mesin untuk mobil kesayangan. Pasalnya, memilih oli mesin untuk mobil ini tidak boleh sembarangan.

Anda harus memahami bagaimana memilih oli mesin yang cocok untuk mobil pribadi. Sehingga, mesin mobil tidak mengalami overheating atau meningkatnya suhu mesin mobil secara tiba-tiba. Dan jika tidak segera diperbaiki, maka mobil akan mengalami masalah turun mesin.

Cara Memilih Oli Mesin Untuk Mobil yang Tepat Agar Tidak Mudah Panas

Berikut ini akan dijelaskan mengenai beberapa cara untuk memilih jenis oli mobil yang tahan panas dan sesuai dengan mesin. Penasaran? simak ulasan di bawah.

  1. Memahami karakter mesin mobil

Cara pertama yang perlu anda perhatikan ketika memilih oli mesin adalah dengan melihat manual book mobil anda. Biasanya pada buku panduan tersebut akan dijelaskan mengenai mesin mobil anda dan oli mesin yang cocok. Kunci utamanya adalah bukan merek, tetapi kecocokan jenis oli dengan mesin mobil.

  1. Tingkat kekentalan oli

Tentunya dari berbagai jenis oli mesin yang ada pasti memiliki fungsi yang sama. Namun satu hal yang perlu anda perhatikan adalah ketika kandungan oli mesin tidak sesuai dengan karakter mesin. Hal ini bisa menyebabkan oli mesin tidak mampu melindungi mesin secara maksimal. Biasanya semua itu bisa kita lihat dari tingkat kekentalan cairan oli mesin tersebut.

Tingkat kekentalan oli mesin ini bisa anda lihat dari nomor Society of Automotive Engineer. Tentunya ketika nomor SAE pada oli mesin semakin besar, itu artinya oli mesin tersebut lebih kental.

  1. Bahan utama pembuatan oli

Terdapat dua jenis oli mobil yang digunakan yaitu berbahan oli sintetis dan oli mineral. Kalau untuk oli sintetis ini terbuat dari bahan yang bersifat aditif. Kalau untuk oli mineral ini berbahan utama dari ekstraksi minyak bumi sehingga lebih alami. Kalau untuk mobil-mobil keluaran terbaru lebih baik menggunakan jenis oli sintetis. Salah satu keunggulan dari oli sintetis adalah tahan gesekan sehingga bisa melumasi mesin secara maksimal. Selain itu ketika terkena suhu tinggi tidak mudah menguap dan lebih stabil.

  1. Menghindari penggunaan oli mesin palsu

Saat ini sudah banyak beredar berbagai jenis oli palsu alias abal-abal. Oli-oli tersebut biasanya dijual dengan harga yang lebih murah dan ekonomis. Maka dari itu anda perlu mengetahui ciri-ciri oli mesin yang palsu:

  • Oli mesin yang palsu biasanya berwarna kuning yang sangat jernih. Hampir mirip dengan minyak kelapa sawit. Oli yang abal-abal biasanya akan berubah menjadi hitam pekat gelap.
  • Ketika dipegang oli palsu akan terasa lebih kasar, hal ini disebabkan oli mesin palsu mengandung logam
  • Bau oli mesin palsu biasanya seperti hasil pembakaran dan cukup tengik

Biasanya orang akan terus-menerus menggunakan satu produk oli mesin. Namun ketika mengetahui ada jenis oli yang lebih, maka ada yang ragu untuk ganti oli. Alasan utamanya adalah takut berpengaruh pada performa mesin. Sesuai yang sudah dijelaskan diatas bahwa merek bukan menjadi patokan. Satu hal yang paling penting adalah oli tersebut memiliki tingkat kekentalan yang sama dan sesuai dengan mesin mobil anda.

Demikianlah penjelasan mengenai cara memilih oli mesin mobil yang tahan panas dan tidak merusak komponen mesin. Pastikan anda selalu melakukan pemeriksaan kondisi oli secara rutin. Mengingat selain sebagai pelumas, oli juga sebagai pelindung karat agar suhu mesin tetap stabil.