7 Rahasia Mengatur Keuangan Pribadi Agar Tidak Boros

gambar tersebut menyebutkan beragam cara mengatur keuangan pribadi gambar tersebut menyebutkan beragam cara mengatur keuangan pribadi

7 Rahasia Mengatur Keuangan Pribadi Agar Tidak Boros

Setiap orang memiliki keinginan agar keuangan yang dimiliki tetap aman dan pas setiap akhir bulan. Kamu wajib mengetahui cara mengatur atau mengelila keuangan pribadimu dengan bijak. Tanpa perencaan dan pengelolaan yang tepat, maka keuanganmu bisa berantakan bahkan terancam tidak memiliki tabungan.

Tips Rahasia Mengatur Keuangan Pribadi agar Dapat Menabung

Manajemen keuangan menjadi salah satu tantangan tersendiri bagi kita. Di musim pandemi, kamu harus mengetahui bagaimana cara mengatur keuangan agar dapat menabung untuk masa depan. Nah, berikut cara mengatur keuangan agar tidak boros. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Mencatat semua pemasukan dan pengeluaran

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah mencatat pemasukan dan pengeluaran di setiap hari. Hal ini dilakukan agar kamu mengetahui seberapa besar kebutuhan kamu dalam waktu satu bulan.

Catat semua pengeluaran kamu meskipun kecil untuk memudahkan kamu menganalisis pengeluaran perbulanmu. Bila perlu tetapkan batas maksimum uang yang kamu gunakan tiap harinya.

  1. Buat Anggaran Keuangan Bulanan

Dalam membuat anggaran bulanan, kamu dapat mengelola pengeluaran agar bisa memnuhi kebutahan, menabung, dan bersenang-senang. Berikut formula yang bisa kamu gunakan 50-20-30. yaitu 50% untuk kebutuhan sehari-hari, 30% untuk kebutuhan yang kamu inginkan, 20% untuk investasi. Prinsip ini penting dilakukan terutama bagi pekerja yang usianya 20-30 tahun.

  1. Seuaikan antara kebutuhan dengan keinginan.

Berikutnya adalah menyesuaikan kebutuhan dengan keinginan karena seringkali orang membeli keinginannya dengan berkedok self reword. Namun, jika self reword tidak dikontrol tentu saja membuat pengeluaran kamu semakin besar dan akhirnya kebutuhan yang lebih penting lainnya tidak terpenuhi.

Sebaiknya hal yang lebih didahulukan adalah hal yang menjadi kebutuhan kamu, seperti makan, pakaian untuk bekerja, dan masih banyak lagi.

  1. Membuat Dana Darurat

Dana darurat adalah dana untuk mengantisipasi keadaan darurat atau urgent dengan nominal tertentu dan dapat diambil sewaktu-waktu karena kejadian atau musibah tidak dapat kita prediksi sehingga kita membutukan dana darurat. Dana darurat setiap orang berbeda-beda tergantung status pekerjaannya. Dana yang harus kamu sisihkan sebesar 5 persen dari penghasilan kamu.

  1. Buat Tabungan di Rekening Yang Berbeda

Untuk mencegah belanja yang melebihi batas, kamu sebaiknya mempunyai rekening yang bebeda. Satu rekening untuk keperluan sehari-hari, satu rekening untuk tabungan, satu rekening lagi untuk dana darurat. Setiap mendapatkan gaji, kamu dapat langsung membagi dan transfer ke sebagian rekening kamu.

Hal ini dapat membuat kamu lebih berhati-hati dalam membelanjakan uang kamu karena jika uang disalah satu rekening kamu habis, kamu tidak dapar mengambil uang di rekening lain untuk memenuhi kebutuhan kamu.

  1. Mulai Berinvestasi

Investasi adalah aktivitas menanamkan modal baik berupa uang maupun aset berharga lainnya kepada investor dengan harapan mendapatkan keuntungan dalam waktu tertentu. Di zaman sekarang banyak sekali instrument investasi yang cocok untuk semua kalangan apalagi untuk pemula seperti kamu. Kamu dapat berinvestasi dimulai dengan modal Rp10.000. Dari tabungan investasi ini, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara membangun usaha dari penghasilan investasi yang kamu terima.

  1. Pangkas Pengeluaran

Agar uang yang kamu investasikan lebih besar lagi, kamu harus berkorban dengan memangkas pengeluaranmu. Misalnya gaya hidup perlu kamu timbangkan lagi agar keuangan mu tidak terlalu boros atau membership gym.

Kalau dirasa sudah maksimal menghemat pengeluaranmu, kamu bisa memangkas anggaran yang tidak terlalu mendesak.

  1. Mencari Penghasilan Tambahan

Jika sudah banyak penghasilan yang kamu pangkas tetapi masih belum berdampak pada penghematan gaji, mungkin kamu bisa mencari penghasilan tambahan. Cara ini bisa kamu terapka jika kamu mempunyai waktu dan tenaga yang cukup. Di zaman yang serba digital seperti sekarang, ada banyak pilihan pekerjaan sampingan yang bisa kamu lakukan seperti menjadi penulis freelance, content creator, atau berjualan melalui online shop.

Itu dia tips untuk mengatur keuangan pribadi kamu secara bijak agar tidak terlalu boros yang penting untuk kamu ketahui agar penghasilan yang kamu dapatkan bisa kamu atur ataupun kamu kelola dengan bijak. Selama cara diatas kau terapkan, kondisi keuanganmu akan selalu stabil. Dengan mengelola keungan dengan cermat, jangan sampai kamu lupa untuk bersenang-senang juga.