breaking news New

Ini Dia 3 Kuliner Khas Kendal Yang Populer dan Terkenal

Jawa Tengah memiliki begitu banyak kota yang indah dengan wisata alam yang alami dan bisa kamu kunjungi langsung. Itu sebabnya tidak akan pernah habis membahas tentang Jawa Tengah. Jika kamu sedang di Jawa Tengah, sebaiknya kamu berkunjung ke Kota Kendal. Kota ini memiliki banyak pesantren dan destinasi wisata yang menarik. Tidak heran apabila kuliner khas Kendal juga ikut terangkat nama namanya jika dijual di tempat tempat yang sering dikunjungi wisatawan.

Kuliner khas Kendal memiliki rasa khas dan identik yang sangat sulit ditemukan ditempat lain. Makanan makanan tersebut tidak terasa aneh loh! Malah terasa sangat lezat. Apabila kamu ke Kendal, sebaiknya jangan lewatkan makanan makanan ini ya!

1. Brongkos

Kuliner pertama yang bisa kamu jumpai di Kendal adalah Brongkos. Konon, nama makanan ini berasal dari bahas Inggris serta Perancis, yakni Brown dan Horst. Brown berarti cokelat, sedangkan Horst berarti daging. Karena sulit diucapkan, maka Brown Horst disebut sebagai Brongkos oleh warga Jawa.

Brongkos menggunakan daging sapi sebagai bahan utamanya, yang kemudian diolah menggunakan rempah rempah pilihan khas Kendal, sehingga menciptakan cita rasa makanan yang sangat unik.

Bahan pelengkap lainnya adalah kulit, daun melinjo, hingga tahu goreng. Kuah dari Brongkos terbuat dari santan yang membuat makanan ini terasa lebih gurih. Kamu bisa menemukannya di banyak rumah makan di Sukarejo, Kendal.

2. Sate Bumbon

Makanan khas Kendal ini cukup populer untuk masyarakat Kendal bahkan selalu menjadi destinasi kuliner pertama setiap harinya. Sate ini menggunakan bahan dasar daging sapi yang dipanggang dengan bumbu jahe, kemiri, bawang putih, dan beberapa rempah lainnya. Tidak heran apabila kamu mencium aroma rempah rempah yang kuat pada makanan ini. Sate ini juga biasa disajikan dengan siraman saus kacang yang ditumbuk kasar, serta kecap.

3. Mangut Lele

Jika yang sering kamu temukan adalah lele yang digoreng, yang ini juga sama hanya saja bumbu pelengkapnya sangat berbeda, sehingga kamu perlu mencicipinya. Dikenal sebagai Mangut Lele, ikan lele yang sudah disiapkan kemudian dibersihkan lalu diberikan garam, perasan jeruk nipis, sedikit kunyit bubuk, dan merica yang diaduk rata dan didiamkan sebentar, kemudian digoreng.

Bumbu untuk minuman ini terbuat dari olahan daun jeruk, serai tumis, dan daun salam yang dimusis bersamaan hingga wangi dan mengeluarkan minyak, lalu campurkan santan. Setelah mendidih, lele dimasukkan ke dalam bumbu, beri agula merah, air, garam, asam jawa, merica bubuk, dan kaldu jamur. Juga bisa ditambahkan dengan cabai rawit untuk menambah kesedapannya.

Jika kamu membelinya kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 12.000 saja per porsinya, namun kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah.